+-+Pemberitahuan+-+

Bila foto-foto di sini terlihat kurang bagus, silakan klik di siniatau klik gambar yang anda inginkan untuk melihat gambar langsung dari sumbernya.

Thursday, August 6, 2009

Kronologi Hilangnya Pesawat Merpati di Papua

Ini dari gugling.com, kutipannya sebagai berikut,

Posted: 03 Aug 2009 05:40 PM PDT

Pesawat DHC 6 Twin Otter milik maskapai penerbangan Merpati hilang kontak dalam penerbangan Jayapura-Oksibil. Pesawat itu mengangkut tiga awak dan 12 penumpang.

Direktur Utama Merpati, Bambang Bhakti, dalam jumpa pers di kantornya, Minggu 2 Agustus, mengatakan, pesawat hilang kontak sekitar 30 menit setelah lepas landas.

Pukul 10.15 WIT, pesawat PK NVC dengan nomor penerbangan MZ 9760 D itu lepas landas dari Bandara Sentani dari Bandara Sentani, Jayapura. Pesawat terbang dengan kondisi cuaca baik.

Pesawat terbang dengan berat beban 11.671 kilogram atau normal jika dibandingkan batas beban maksimal 12.000 kilogram. Pesawat pun memiliki bahan bakar cukup untuk terbang selama 2 jam 50 menit.

Sekitar pukul 10.45 WIT, awak pesawat masih melakukan kontak dengan petugas bandara. Saat itu posisi pesawat beradadi di 90 nautical mile. Namun, beberapa saat kemudian, kontak hilang.

Hingga pukul, 11.10 WIT, jadwal tiba pesawat di Bandara Oksibil, pesawat tak terdeteksi keberadaannya. Pesawat juga tak mengirimkan sinyal terjadinya benturan dengan benda keras atau air.

Dibantu tim SAR Brimob, pencarian pun dilakukan dengan menyisir sekitar titik terakhir pesawat terdeteksi. Kondisi geografis titik tersebut berupa deret pegunungan dan lembah. Namun, cuaca buruk menghentikan upaya pencarian. Lokasi pesawat belum terdeteksi. Pencarian dilanjutkan mulai pukul 06.00, Senin 3 Agustus, melalui jalur darat dan udara.

No comments:

Post a Comment