+-+Pemberitahuan+-+

Bila foto-foto di sini terlihat kurang bagus, silakan klik di siniatau klik gambar yang anda inginkan untuk melihat gambar langsung dari sumbernya.

Sunday, November 22, 2009

Minyak Tawon Tidak Untuk Diminum

Ini dari gugling.com, kutipannya sebagai berikut,

Posted: 16 Nov 2009 07:03 PM PST

Minyak tawon dikenal sebagai obat oles atau gosok yang bermanfaat meredakan nyeri, sakit kepala, batuk, hingga gatal-tagal akibat gigitan serangga. Namun, benarkah minyak itu berasal dari tawon?

Sebenarnya, komposisi minyak tawon hampir sama dengan minyak oles lain. Satu hal yang patut diingat, minyak tawon tidak terbuat dari tawon. Mayoritas komposisinya dari minyak kelapa. Karena itu setelah memakai minyak tawon, ada rasa lengket di kulit.

Manfaat minyak kelapa sendiri sudah dikenal luas. Salah satunya, mengandung vitamin A dan E yang penting bagi kesehatan kulit dan rambut. Minyak kelapa juga menjadi pemasok energi langsung ke dalam sel-sel tubuh.

Sekitar 80 persen asam lemak di dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan rantai sedang yang molekulnya berukuran kecil. Karena itu molekulnya dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh dengan mudah tanpa memerlukan beragam enzim untuk memotongnya.

Karena itulah biasanya tubuh terasa segar kembali setelah menggunakan minyak.



Selain itu, ada tambahan ekstrak kayu putih, temulawak, cengkerh dan jeruk. Ekstrak kayu putih bermanfaat menghangatkan tubuh serta mengurangi iritasi. Ekstrak kayu putih juga dapat membantu meredakan rasa capek. Bila ditambah dengan cengkeh, manfaatnya meredakan keluhan nyeri sendi, plus antiseptik.

Minyak tawon tergolong obat luar, karena itu cara menggunakannya dioleskan dulu pada kapas, kemudian digosokkan ke bagian yang dikeluhkan. Cara itu biasanya untuk mengurangi keluhan sakit gigi atau untuk mengobati luka lecet dan bisul.

Di masyarakat berkembang informasi bahwa minyak tawon juga bisa diminum untuk mengurangi keluhan sakit perut. Tapi, minyak yang tergolong obat luar tidak disarankan untuk diminum. Meski belum ada kasus keracunan akibat minum minyak tawon, hal tersebut perlu dihindari.

Penggunaan minyak tawon cukup aman untuk dewasa maupun anak-anak, asalkan penggunaannya tepat. Misalnya bila sakit perut, maka minyak tawon dioleskan ke perut. Bila di oleskan di tenggorok atau bagian dada, bisa juga membantu untuk melegakan nafas, asalkan tidak diminum.

No comments:

Post a Comment