+-+Pemberitahuan+-+

Bila foto-foto di sini terlihat kurang bagus, silakan klik di siniatau klik gambar yang anda inginkan untuk melihat gambar langsung dari sumbernya.

Sunday, May 9, 2010

Cara mudah membuat dan memasang favicon

Langsung saja ya, kali ini saya ingin sharing dengan pembaca sekalian tentang cara mengganti favicon. Favicon itu apa? Favicon itu adalah icon blog atau website yang biasanya ada disamping kiri alamat website yang sedang dikunjungi. Itu lho yang di address bar. Nah, itu dia yang namanya favicon.

Contoh favicon bisa dilihat disini, silakan cari gambar seperti ini di bagian address bar, itulah favicon saya.

Jika kamu punya blog di blogger.com, pasti favicon kamu akan seperti ini . Itu adalah favicon standar dari blogger. Kalo pengin diganti bisa saja. Banyak informasi tentang membuat dan memasang favicon di internet. Dulu, jika ingin mengganti favicon di blogger kita harus meng-generate file gambar menjadi file ".ico" dulu, kemudian harus di upload ke hosting file. Ini tentu sangat merepotkan, apalagi sekarang hosting-hosting image biasanya tidak menerima image bertipe icon lagi. Geocities yang biasanya dipakai untuk hosting icon juga sudah diclosed.

Tapi, tak usah khawatir kawan. Ada layanan gratis yang bisa kita manfaatkan untuk meng-generate icon dan sekaligus menjadi hostingnya juga. Namanya, iconj.com.

Layanan dari Iconj ini bisa digunakan oleh semua orang. Tidak perlu mendaftar untuk meng-generate icon dan menaruhnya disana. Gambar-gambar bertipe ".png", ".jpg", ".gif", dan sebagainya tinggal kita upload dan Ting, file icon kita sudah jadi berikut alamat/url filenya yang sudah digabung juga dengan html code-nya. Nah, html code yang didapatkan dari Iconj ini bisa langsung kita copy lalu paste di antara tag "head".

Oiya, Iconj juga menyediakan favicon dinamis jadi bisa berkedip-kedip gitu. Contohnya klik disini. Tapi untuk dapat menggunakan layanan ini harus join. Gratis ko..

Nah, sekian saja share pengalaman dari saya, semoga bermanfaat.
Selamat Mencoba...

No comments:

Post a Comment